Toko Alkes

Penyebab Anda Sering Merasa Kelelahan


Penyebab Anda Sering Merasa KelelahanLelah itu hal biasa bila Anda melakukan aktivitas yang sangat mengurang tenaga Anda, karena tubuh Anda ini memerlukan istirahat dan manusiawi banget jika Anda ini merasakan lelah, kalau Anda tidak merasakan lelah berarti Anda ini robot yang tidak ada lelahnya. Robot pun juga merasa lelah, misalnya kehabisan tenaga atau energi yang digunakan untuk mengerakan komponen robot itu.

Rasa lelah itu wajar bagi manusia tetapi jika Anda ini sering mengalami rasa lelah yang tidak normal Anda harus selidiki dulu penyebab yang membuat Anda ini merasakan kelelahan. Rasa lelah itu bisa ditangani  dan bisa membuat Anda menjadi segar dan bersemangat.
Penyebab rasa lelah yang wajib anda ketahui:
  1. makanan dan Minuman
    Mengonsumsi makanan yang tepat membuat Anda ini mempunyai tenaga yang lebih untuk melakukan aktivitas. Jangan minum kopi yang mengandung kafein yang berlebihan karena mengakibatkan masalah dalam tubuh karena kafein bekerja sebagai diuretik dalam tubuh. Saran,minumlah air putih 8 gelas tiap hari maka akan menambah energi Anda.
  2. Kekurangan vitamin
    kurangnya kadar zat besi, vitamin D, atau B12, bisa membuat Anda merasa lelah, gelisah, serta tubuh terasa lemah. Banyak ahli yang percaya bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan otot Anda lemah. Selain itu jika Anda termasuk wanita dalam usia produktif, kekurangan zat besi menyebabkan Anda berada dalam risiko tinggi menderita anemia.
  3. Kelenjar Adrenal
    Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mensekresi fight-or-flight hormon adrenalin dan kortisol yang memberikan efek gelombang besar stres. Bila Anda merasa stres sepanjang waktu, kelenjar ini akan bekerja terlalu banyak. Kondisi ini biasa disebut dengan kelelahan adrenal. Ketidakmampuan untuk mensekresikan kortisol cukup di siang hari dapat menyebabkan energi menurun tajam, lalu meningkat pada malam hari sehingga mengganggu tidur nyenyak Anda.Untuk memberikan kelenjar adrenal kesempatan untuk mengisi ulang, lakukan meditasi. Meditasi memiliki efek memperlambat produksi kortisol untuk sementara waktu.
  4. Merasa Sedih
    Jika anda mengalami rasa sedih maka akan menguras kinerja pikiran anda dan Anda akan menjadi depresi dan stamina Anda menjadi lelah.
  5. Penyakit
    Sering merasa kelelahan dan mudah sekali lemes mungkin ada mempunyai penyakit tertentu. Sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk lebih jelasnya
Dengan artikel diatas Anda bisa mengetahui penyebab anda merasakan lelah. Merasa lelah itu harus diperhatikan dan Anda teliti jika Anda tidak tahu penyebab rasa lelah yang dialami Anda. Jika Anda mengetahui penyebab rasa lelah anda ,bisa mencegahnya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar